Kamis, 10 Mei 2012

Produk Perdana Kami Abon Ikan Mas Hi Cal Abon Ikan Utuh Tongkol & Cakalang



Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat, mudah didapat, dan harganya murah. Namun ikan cepat mengalami proses pembusukan. Oleh sebab itu pengawetan ikan perlu diketahui semua lapisan masyarakat. Pengawetan ikan secara tradisional bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam tubuh ikan, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Untuk mendapatkan hasil awetan yang bermutu tinggi diperlukan perlakukan yang baik selama proses pengawetan seperti : menjaga kebersihan bahan dan alat yang digunakan, menggunakan ikan yang masih segar, serta garam yang bersih. Ada bermacam-macam pengawetan ikan, antara lain dengan cara:penggaraman, pengeringan, pemindangan, perasapan, peragian, dan pendinginan ikan.


Manfaat makan ikan sudah banyak diketahui orang, seperti di negara Jepang dan Taiwan ikan merupakan makanan utama dalam lauk sehari-hari yang memberikan efek awet muda dan harapan hidup lebih tinggi dari negara lainnya. Penggolahan ikan dengan berbagai cara dan rasa menyebabkan orang mengkonsumsi ikan lebih banyak.

Abon ikan adalah jenis makanan awetan yang terbuat dari ikan laut yang diberi bumbu, deiolah dengan cara perebusan dan penggorengan. Produk yang dihasilkan mempunyai bentuk lembut, rasa enak, bau khas, dan mempunyai daya awet yang relatif lama.

Pengolahan Abon ikan biasanya hanya memanfaatkan daging ikannya saja, namun bagian lain dari ikan tidak terpakai, padahal kandungan gizi yang terkandung dalam insang dan tulang ikan ini sangat banyak manfaatnya,seperti Kalsium untuk pertumbuhan tulang , Fosfor  untuk pembentukan tulang dan gigi, penyimpanan dan pengeluaran energi (perubahan antara ATP dengan ADP) dan yodium yang dapat mencegah penyakit gondok. 

Untuk itu kami mencoba untuk membuat abon ikan dengan menyertakan tulang dan insang dari ikan tersebut dengan maksud agar kandungan gizi dari ikan secara utuh dapat dinikmati oleh konsumen kami.  Untuk itu tidaklah berlebihan kalau kami menamakan produk kami Abon Ikan  Hi Cal (High Calcium)

Disamping itu kami juga mengolah abon ikan kami dengan bumbu-bumbu tradisional seperti daun jeruk bawang merah, bawang putih dan rempah lainnya disamping untuk menambah cita rasa juga bisa meningkatkan manfaat dari abon yang kita produksi. 

Saat ini kami hanya menyediakan rasa original dan rasa pedas, untuk itu kami minta kepada rekan-rekan untuk dapat menyumbangkan resep-resep cita rasa nusantara agar cita rasa dari abon kami lebih beragam dan tidak membuat bosan konsumen dalam mengkonsumsinya.

sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar