Kamis, 10 Mei 2012

Manfaat Ikan Kakap Merah


Kakap merah adalah spesies ikan populer yang cukup tersedia di alam sepanjang tahun. Ciri dari Ikan kakap ini adalah memiliki kulit dan mata berwarna merah. Dalam memilih ikan kakap merah carilah ikan yang utuh yang memiliki permukaan, mengkilap halus dan insang merah. Cari yang  memiliki bau amis khas aroma laut ringan. Fillet kakap yang segar berwarna merah yang tegas dan agak transparant. Hindari kakap merah yang memiliki bau amis.



Sumber Selenium

Kakap merah mengandung selenium sekitar setengah dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.  Ikan Kakap dengan prosi sebesar 250 gr mengandung 32,5 mcg mineral Selenium. Selenium adalah mineral penting untuk mencegah terjadinya oksidasi lemak, menurut ahli gizi Phyllis A. Balch, penulis buku "Prescription for Nutritional Healing."  Fungsi selenium sebagai antioksidan sangat efektif bila dikombinasikan dengan vitamin E. Siapkan Taco yang berisi fillet ikan kakap merah dengan saus guacamole kaya vitamin E, atau tambahkan sayuran seperti  bayam tumis di samping ikan tersebut akan menambah ras dan gizi yang seimbang bagi tubuh.

Kaya akan Mineral  Fosfor

Kakap merah mengandung Fosfor sekitar 20 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250 gr porsi kakap merah mengandung 168 mg mineral tersebut . Fosfor adalah nutrisi penting untuk berbagai fungsi, terutama yang berkaitan dengan kesehatan tulang dan kepadatan tulang. 85 % dari fosfor ditemukan dalam tulang ikan kakap tersebut , menurut Pusat Linus Pauling Institute Micronutrient Information. Fosfor ini juga berfungsi sebagai zat alkalinase tubuh, yang dibutuhkan dalam sistem tubuh apabila tubuh terlalu asam karena racun yang berlebihan..

Sumber Protein

Kakap merah mengandung Protein sekitar 33 persen dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250 gr. porsi kakap merah mengandung 17,4 mg Protein. Protein diperlukan untuk produksi energi, hormon, enzim, jaringan dan antibodi.  Komponen protein adalah asam amino yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh.  Seperti semua makanan dari sumber hewani, kakap merah mengandung protein lengkap, yang berarti semua asam amino esensial yang ada dalam makanan. Protein yang komplit memberikan bahan dasar  yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh  secara optimal.

Mengandung Vitamin D

Kakap merah menyediakan hampir seluruh nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan vitamin D. 250 gr porsi ikan kakap mengandung 347 IU vitamin D. Vitamin D penting untuk metabolisme kalsium, yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D, menurut Linus Pauling Institute, dan dapat menyebabkan tulang keropos, depresi dan gangguan lainnya.


Sumber:
http://www.livestrong.com/article/359560-what-are-the-health-benefits-of-red-snapper/ # ixzz1uX9tGej0
"Prescription for Nutritional Healing"; Phyllis A. Balch, CNC; 2010
The Linus Paul Institute Micronutrient Information Center

Tidak ada komentar:

Posting Komentar